A.
Pilihan Ganda
1.
Penggagas
gerakan anti Bani Umayyah pertama kali adalah.…
a.
Ali bin
Abdullah
|
b.
Ibrahim bin AL
|
c.
Abu Muslim Al-Khuransani
|
d.
Abdullah bin
Alillah
|
2.
Ke khalifahan
Abbasiyah adalah ke khalifahan kedua
dikalangan umat Islam yang berkuasa di.…
a.
Oman
|
b.
Qatar
|
c.
Baghdad
|
d.
Iran
|
3.
Negara Irak ber ibu kota di.…
a.
Amman
|
b.
Qatar
|
c.
Oman
|
d.
Baghdad
|
4.
Semboyan yang
digunakan Bani Abbas dalam usahanya
untuk mendapat dukungan masyarakat luas adalah.…
a.
Demi kekuasaan
Allah SWT
b.
Demi keridaan
keluarga Nabi Muhammad
|
c.
Demi tegaknya
Syariat Islam
d.
Demi Hancurnya
Bani Umayyah
|
5.
Daulah Abbasiyah
didirikan pada tahun.…
a.
656H/1258M
|
b.
218H/833M
|
c.
132H/750M
|
d.
227H/42M
|
6.
Paman Nabi
Muhammad SAW yang membentuk daulah Abbasiyah bernama.…
a.
Abu Tholib
|
b.
Abbas Abdul
Mutholib
|
c.
Abudilah
|
d.
Abdul Mutholib
|
7.
Kholifah pertama
Daulah Abbasiyah adalah.…
a. Abu Ja’far Assafah
|
b. Abu Abbas Assafah
|
c. Abu Ja’far al Mansur
|
d.
Abu Ja’far H
dan Al arun
|
8.
Kholifah Abbasiyah yang terkenal jasanya memajukan ilmu pengetahuan….
a.
Abu Abbas As
Safaah dan Al Mu’tashim
b.
Harun Ar Rosyid
dan Al Makmun
|
c.
Abu Ja’far Al
Mansyur dan Al Mutashi
d.
Ra Razi Al
Mutawakil
|
9.
Bangsa yang
menghancurkan Baghdad di akhir masa daulah Abbasiyah adalah....
a.
Amerika
|
b.
Mongol
|
c.
Cina
|
d.
kaum syiah
|
10.
Teladan yang dapat diambil dari sikap kholifah Harun Ar Rasyid adalah....
a.
Hidup mewah
berfoya-foya
|
b.
Membakar
perpustakaan
|
c.
Cinta ilmu dan
pengetahuan
|
d.
Menjalankan
kolusi
|
11.
Pada masa Dinasti Abbasiyah, banyak para ilmuan muslim yang bekerjasama
dengan kholifah untuk membangun peradaban Islam, hal ini bertujuan….
a.
Merongrong
wibawa pemerintah
b.
Kerjasama untuk
memperkaya diri
|
c.
Menciptakan
kolusi
d.
Persatuan membangun
umat
|
12.
Puncak keemasan
peradaban Daulah Abbasiyah dicapai di masa khalifah....
a.
Al-mahdi
|
b.
Al-makmun
|
c.
Harun Ar Rasyid
|
d.
Abu Ja’far
Al-Mansyur
|
13.
Salah satu nilai
positif yang didapat dari asimilasi bangsa Arab dengan bangsa Arab
adalah....
a. Munculnya dinasti-dinasti kecil
b. Terjadinya ketidak stabilan
politik
|
c. Bangsa bukan arab dapat mengontrol
kekuasaan
d. Terjadinya transfer ilmu pengetahuan
|
14.
Tokoh utama Bani
Abbas yang meletakan dasar-dasar pemerintahan yang kuat bagi keberlangsungan
Daula Abbasiyah adalah....
a.
Harun Ar Rasyid
|
b.
Abu Abbas As
Safah
|
c.
Abu Ja’far
Al-Mashur
|
d.
Al-Mu’tashim
Billah
|
15.
Pembangunan
terusan Zubaidah pada masa khalifah Haru Ar-Rasyid bertujuan untuk....
a. Memenuhi kebutuhan air penduduk
Damaskus
b. Memenuhi kebutuhan air penduduk
Mekah dan Madinah
|
c. Memenuhi kebutuhan air penduduk
Kufah dan Khurasan
d. Memenuhi kebutuhan air penduduk
Syiria dan sekitarnya
|
16.
Salah satu bukti
kemajuan peradaban Abbasiyah di bidang arsitektur adalah....
a. Digalakannya kegiatan penerjemahan
buku-buku tentang seni yang dari bahasa aslinya ke bahasa Arab
b. Kota Baghdad dan istana-istana di
dalamnya yang memiliki nilai seni yang tinggi
c. Adanya produksi gelas-gelas berukir
dan keramik yang unik
d. Berdirinya istana Al-Hamra di
Andalusia
|
17.
Puncak kejayaan
Daulah Abbasiyah pada masa pemerintahan Kholifah..…
a. Abu Abbas – As Safah dan Al Ma’mun
b. Harun Ar Rosyid dan Al Ma’mun
|
c. Al Mahdi dan Al Hadi
d. Al Mutawakkil dan Al Muntasir
|
18.
Perpustakaan yang
dibangun dan didirikan oleh kholifah Harun Ar
Rosyid bernama....
a.
Baitur
Ridwan
|
b.
Baitul
Ilmi
|
c.
Baitul
Hikmah
|
d.
Darun
Nadwah
|
19.
Keteladanan yang
dapat dicontoh dari sikap para ilmuan yang hidup pada masa Dinasti Abbasiyah
adalah….
a. Menunggu imbalan dari khalifah
b. Meminta fasilitas yang mewah
|
c. Bersungguh-sungguh dalam berkarya
d. Bersemedi dalam mencari ilham
|
20.
Tujuan utama
pemerintah Abbasiyah menjalin hubungan persahabatan dengan raja Frank di
Andalusia adalah....
a. Menyebarkan ajaran islam
b. Mengantisipasi serangan dari Daulah Bani Ummayah II
|
c. Meningkatkan pendapatan negara dalam sektor industry
d. Menyerap perkembangan peradaban yang terjadi di Andalusia
|
21.
Khalifah Abbasiyah yang pertama kali memerintakan
penerjemahan karya-karya ilmiah dari Yunani, Persia, Syiria, dan India ke dalam
bahasa Arab adalah....
a.
Al-Makmun
|
b.
Abu
Abbas As-Safah
|
c.
Harun
Ar Rasyid
|
d.
Abu
Ja’far Al Manshur
|
22.
Jasa besar
khalifah Al-Makmun dalam memajukan ilmu pengetahuan di Daulah Abbasiyah adalah.…
a. Mendirikan Baitul Hakim
b. Mendirikan majlis-majlis ta’lim
|
c. Mendirikan majlis munazarah
d. Mendatangkan para ulama dari Madinah
|
23.
Di bawah ini adalah nama-nama khalifah Abbasiyah yang
berjasa meletakkan dasar-dasar yang kuat bagi pesatnya kemajuan ilmu
pengetahuan, kecuali....
a.
Al-Makmun
|
b.
Harun
Ar-Rasyid
|
c.
Al-Mu’tashim
|
d.
Abu
Jafar Al-Mashur
|
24.
Ilmuan muslim
yang berjasa menemukan penyakit cacar adalah....
a.
Al-Farabi
|
b.
Al-Farghani
|
c.
Ibnu
Sina
|
d.
Zakaria
Ar-Razi
|
25.
Filsuf muslim yang banyak mengebalkan pemikiran-pemikiran Aristoteles kepada
Bangsa Arab adalah.…
a.
Al-Kindi
|
b.
Ibnu
Rusyd
|
c.
Ibnu
Sina
|
d.
Al-Farabi
|
26.
Dalam salah satu
cabang Matematika, Al-Khawarizmi terkenal dengan penemuannya yaitu....
a.
Fungsi
|
b.
Trigonometri
|
c.
Aljabar
|
d.
Bangun
ruang
|
27.
Karya monumental
ulama-ulama hadits pada masa Abbasiyah disebut....
a. Kutubul khamsah – kutubus sittah
|
b. Musnad Al-Kabir
|
c. Jami’us shogir
|
d. Sahih Muslim
|
28.
Salah satu fungsi dari Baitul hikmah pada masa kekuasaan
Daiskuulah Bani Abbasiyah, sebagai.…
a. Lembaga penerjemahan buku-buku ilmu
pengetahuan
b. Tempat mendiskusikan ilmu filsafat
dan kedokteran
|
c. Tempat pertahanan dan keamanan
d. Tempat berkumpulnya para ilmuan
|
29.
Di bawah ini
merupakan usaha yang dilakukan Kholifah al-makmun untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan....
a. Mendirikan
lembaga-lembaga pendidikan
b. Mengadakan lomba karya ilmiah
|
c. Memberikan beasiswa kepada para
pelajar yang tidak mampu
d. Mengadakan kegiatan penerjemahan
buku ke dalam bahasa Arab
|
30.
Salah satu bukti
kemajuan peradaban Abbasiyah di bidang arsitektur adalah.…
a. Adanya produksi ukiran dan keramik
b. Berdirinya istana Al-Hamraa di
Andalusia
c. Kota Baghdad dan istana-istana di
dalamnya yang memiliki nilai seni tinggi
d. Di galakannya penerjemahan
buku-buku tentang seni dari bahasa asli ke bahasa Arab
|
31.
Bentuk yang patut
diteladani dari kegigihan Bani Abbasiyah dalam mengembangkan peradaban Islam, kecuali....
a. Hidup foya-foya
b. Tekun rajin belajar dan giat
menuntut ilmu
|
c. Banyak mengkaji ilmu
d. Memperbaiki khazanah ke Islaman
|
32.
Sumbangan besar Ibnu Muqoffa terhadap perkembangan sastra arab adalah....
a. Menyusun buku tentang gaya bahasa Arab
b. Meletakkan dasar kefasihan bahasa
Arab
|
c. Melakukan penelitian tentang
kefasihan bahasa
d. Menerjemahkan karya-karya sastra
India dan Persia ke dalam bahasa Arab
|
33.
Karya-karya besar
para ulama hadits pada masa Abbasiyah disebut….
a.
Kutubul khamsah
dan kutubus sittah
|
b.
Sahih bukhari
|
c.
Sahih muslim
|
d.
Mushad alkabir
|
34.
Hasil karya Ibnu Sina yang monumental dalam bidang kedokteran
berjudul....
a. ALA QOIUN TIT-TIB
|
b. AL-HAWI
|
c. ASY-SYIFA
|
d. FUSU AL HIKAM
|
35.
Buku-buku dan kitab-kitab Islam pada masa Dinasti
Abbasiyah banyak yang tidak ditemukan pada zaman sekarang penyebabnya adalah....
a. Tidak ada minat baca
b. Serangan tentara mongol
|
c. Banyak dijual ke para kolektor
d. Tidak ada mesin cetak
|
36.
Pada periode ke 4, kholifah Abbasiyah bisa dikatakan hanya berupa simbol saja karena....
a. Kholifah menetapkan sistem
pemerintah
b. Kekuasaan berada di bawah kontrol
kaum saljuk
|
c. Kholifah berwenang mengurusi
masalah keagamaan dan politik
d. Kholifah memiliki kekuatan untuk
mempertahankan kedaulatan negara
|
37.
Manfaat banyaknya
ulama fikih pada zaman Dinasti Abbasiyah adalah….
a. Timbul perbedaan tentang akidah
b. Terjadi konflik antar ulama
|
c. Dapat mengetahui kebenaran hukum Islam
d. Pertentangan mengenai shalat
|
38.
Manfaat mempelajari
ilmu tasawur adalah....
a. Ragu terhadap Al-Quran
b. Ingkar sunah
|
c. Mendekatkan diri pada Allah
d. Menimbulkan aliran sesat
|
39.
Pimpinan
masyarakat muslim non-Arab yang
memberikan dukungan besar terhadap pembentukan Daulah Abbasiyaha adalah.…
a. Abu Muslim Al-Khurasani
|
b. Abu Abas As Saffah
|
c. Ahmad bin Buwaihi
|
d. Ibraim bin Ali
|
40.
Pada masa Dinasti
Abbasiyah, banyak sekali ilmuan muslim yang bekerjasama dengan khalifah untuk
membangun peradaban islam. Hal ini bertujuan....
a. Persatuan membangun umat
b. Menciptakan kolusi
|
c. Kerjasama untuk memperkaya diri
d. Merongrong wibawa pemerintah
|
B.
Soal Uraian
41.
Sebutkan empat
ulama besar dalam bidang fiqih dan karya besarnya
masing-masing!
42.
Ibrah apa yang
dapat kita ambil dari perkembangan peradaban Abbasiyah?
43.
Sebutkan
aspek-aspek kebudayaan/peradaban
yang mengalami kemajuan pada masa dinasti Abbasiyah!
44.
Sebutkan apa saja
yang dapat diteladani dari perkembangan
peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah!
Apa yang dapat kamu ambil dari keuleten dan
kegigihan para ilmuan muslim dalam membangun peradaban Islam?
- Bank Soal: SKI Kelas 7 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: PKn Kelas 7 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Akidah Akhlak Kelas 7 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Bahasa Indonesia Kelas 7A Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Bahasa Indonesia Kelas 7B Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Akidah Akhlak Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Bahasa Arab Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Al-Qur'an Hadits Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: SKI Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: PKn Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: IPS Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Bank Soal: Fiqih Kelas 8 Semester Ganjil 2013/2014
- Selanjutnya....
No comments:
Post a Comment