I.
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling benar!
1.
Arti mad
menurut bahasa...
a.
Pendek
b.
Tebal
c.
Panjang
d.
tipis
2.
Contoh bacaan
mad Shilah Thawilah di bawah ini adalah...
a.
يحسب ان ما له اخلد ه
b.
ولا ا لضا لين
c.
انه هو ا لتو ا ب ا لر حيم
d.
الئن
3.
Jika ه atau
ه
didahului huruf hidup, maka hukum bacaannya adalah...
a.
Mad silah
thawilah
b.
Mad silah
qashirah
c.
Mad lazim
mukhaffaf kilmi
d.
Mad farqi
4.
Mad badal
yang diiringi huruf bertasydid disebut...
a.
Mad silah
thawilah
b.
Mad silah
qashirah
c.
Mad lazim
mukhaffaf kilmi
d.
Mad farqi
5.
وما من د ا بة فى الأ ر ض
Lafadz yang digaris
bawah mengandung hukum bacaan...
a.
Mad lazim
mukhaffaf kilmi
b.
Mad lazim
mutsaqqal kilmi
c.
Mad farqi
d.
Mad silah
qashirah
6.
Lafadz-lafadz di bawah ini yang bukan termasuk
hukum bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi, adalah...
a.
من د و نه ا لهة
b.
حا ج
c.
من د ا بة
d.
و لا ا لضا لين
7.
Mad shilah
thawilah harus dibaca panjang yaitu...harakat
a.
2
b.
5
c.
2 sampai
5
d.
6
8.
Susunan
kalimat yang benar di bawah ini adalah...
ا لجبا ل – و – لعهن – كا – تكو ن – المنفو ش
6 5 4
3 2 1
a. 2- 1- 4- 3- 5- 6
b. 2- 1- 3- 4- 6- 5
c. 2- 5- 4- 1- 3- 6
d. 2- 5- 1- 4- 3- 6
9.
نا ر حا مية,
artinya...
a.
Api yang sangat panas
b.
Api yang dingin sekali
c.
Api yang sangat dingin
d.
Api yang sedang
10.
و ا خر جت .... kelanjutan ayat tersebut adalah...
a.
ا لا نسا ن ما لها
b.
ا لا ر ض
اثقا لها
c.
تحد ث ا
خبا ر ها
d.
ر بك ا و
حى لها
11.
Surat Al-Qur’an yang isi kandungannya
menceritakan tentang fenomena hari qiyamat...
a.
QS. Al-Halaq
b.
QS. Al-Ikhlas
c.
QS. Al-Zalzalah
d.
QS. Al-Kafirun
12.
فا مه ها وية
, arti ayat tersebut adalah...
a.
Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?
b.
Pada hari itu manusia seperti laron yang
beterbangan
c.
Dan adapun orang yang ringan timbangannya
d.
Maka tempat kembalinya adalah neraka hawiyah
13.
قل الله ا ذ ن لكم , lafadz yang bergaris bawah merupakan contoh...
a.
Mad farqi
b.
Mad silah qashirah
c.
Mad lazim mutsaqqal kilmi
d.
Mad lazim mukhaffaf kilmi
14.
Contoh mad lazim mutsaqqal kilmi terdapat pada
salah satu surat Al-Qur’an yaitu...
a.
QS. Al-Ikhlas
b.
QS. Al-Lahab
c.
QS. Yunus
d.
QS. Al-‘Alaq
15.
Contoh mad shilah qashirah terdapat pada Qur’an
Surat Al-Qori’ah ayat...
a.
8
b.
10
c.
9
d.
11
16.
يو م يكو ن ا لنا س .... , lengkapi ayat di atas adalah...
a.
كا لفر ا ش ا
لمبثو ث
b.
كا ا لعهن ا
لمنفو ش
c.
ثقلت مو ا ز
ينه
d.
فى عيشة ر ا
ضيه
17.
كا لعهن ا لمنفو ش , kalimat untuk melengkapi ayat di atas adalah...
a.
م يكو ن ا لنا سيو
b.
و تكو ن الجبا ل
c.
فا ما من
d.
وما ا د ر ىك
18.
ما من ثقلتفا , arti kalimat yang digaris bawah adalah...
a.
Tajam
b.
Mantap
c.
Ringan
d.
berat
19.
“Maka tempat kembalinya adalah neraka
hawiyah”, ayat yang sesuai dengan
terjemahan di atas adalah...
a.
ا لقا ر عة
b.
فا مه ها و يه
c.
نا ر حا ميه
d.
ما هيه
20.
يو مئذ تحد ث .... , sambungan ayat di atas
adalah...
Sambungan ayat di
atas adalah.....
a.
يصد ر
b.
ا خبا ر
ها
c.
ما لها
d.
اثقا لها
21.
ما من ثقلت مو ا ز ينهفا , arti ayat yang digaris bawah adalah...
a.
Timbangan awalnya
b.
Berat
c.
Seperti
bulu
d.
api
22.
Gambaran hari kiamat sebagaimana tercantum pada
QS. Al-Zalzalah ayat 2 adalah...
a.
Dan bumi telah mengeluarkan beban berat (yang
dikandungnya)
b.
Sangat menakutkan
c.
Sangat menyenangkan
d.
Sangat dahsyat dan menyeramkan
23.
Pernyataan di bawah ini yang mencerminkan
perilaku orang yang sesuai dengan isi kandungan surat Al-Qori’ah adalah...
a.
Yakinlah dalam hati bahwa kiamat tidak akan
terjadi
b.
Hendaklah berleha-leha dalam menjalankan hidup
di dunia
c.
Yakinlah bahwa kiamat itu pasti terjadi
d.
Melakukan ibadah apabila sempat
24.
Pada hari kiamat tiba sesuai dengan surat
Al-Qori’ah ayat 4 manusia bagaikan...
a.
Gunung-gunung yang berhamburan
b.
Laron yang beterbangan
c.
Kupu-kupu yang terbang
d.
Kapas-kapas yang ditiup angin
25.
Balasan bagi
orang yang berat timbangan kebaikannya menurut QS. Al-Qori’ah adalah...
a.
Berada dalam
kehidupan yang memuaskan
b.
Tempat
kembalinya neraka hawiyah
c.
Ke dalam api
yang panas
d.
Masuk neraka
26.
يو مئذ يصد ر ا
لنا س ا شتا تا لير و ا اعما لهم ( الز لز لة : 6
a.
Manusia akan
dihidupkan kembali untuk diminta pertanggung jawaban
b.
Mengumpulkan
manusia di padang mahsyar
c.
Allah
memasukkan manusia ke dalam surga
d.
Semua dosa
diampuni
27.
Keterkaitan antara
surat Al-Qori’ah dan surat Al-Zalzalah terdapat pada kalimat di bawah ini
yaitu...
a.
Kejadian di hari
kiamat
b.
Balasan di padang
mahsyar
c.
Dosa manusia
diperhitungkan
d.
Kejadian di dunia
28.
Hukum fenomena alam
yang terjadi saat ini sesuai dengan Al-Qori’ah dan Al-Zalzalah adalah...
a.
Tsunami, banjir bandang
b.
Kebakaran
c.
Tragedi Mina
d.
Kecelakaan lalu
lintas
29.
Pernyataan di bawah
ini yang menyebabkan terjadinya bencana alam...
1.
Penebanagan hutan
2.
Membuang sampah
sembarangan
3.
Pembakaran hutan
4.
Eksploitasi sumber
daya alam yang tidak bertanggung jawab
a.
1. 2. 3
b.
1. 2. 4
c.
1. 3. 4
d.
2. 3. 4
30.
Sebagai siswa harus
peduli terhadap lingkungan alam. Contoh di bawah ini yang peduli terhadap
lingkungan alam, kecuali...
a.
Menanami hutan yang
gundul
b.
Menebang hutan
sembarangan
c.
Membuang sampah
sembarangan
d.
Memelihara binatang
ternak
31.
Di bawah ini yang
bukan termasuk upaya terhindar dari bencana alam adalah...
a.
Membuang sampah di
sungai
b.
Reboisasi
c.
Melestarikan alam
d.
Menanami lahan
kosong
32.
من احي ا ر ضا.... ,
kalimat untuk melengkapi Hadits tersebut adalah....
a.
فله ا ر بعو ن
b.
ميته فهي له
c.
به ا لكلا ء
d.
لما شيته
33.
كا نت له ا ر ض فليز ر عهامن ,
terjemahan hadits adalah...
a.
Barangsiapa
yang memiliki air bagilah
b.
Barangsiapa
yang memiliki tanah maka tanamilah
c.
Tidak boleh
ditahan atau ditolak
d.
Tidak boleh
ditanami
34.
لا يمنع فضل ا
لما ء ليمنع به ا لكلا ء, makna lafadz yang digaris bawah adalah...
a.
Tertolaknya
kelebihan air
b.
Tertolaknya
kelebihan rumput
c.
Tidak boleh
ditahan
d.
Tidak boleh
ditolak
35.
Rasulullah saw
dalam haditsnya memberikan penghargaan kepada orang yang menggali sumur untuk
memelihara ternak seluas...
a.
30 hst
b.
40 hst
c.
50 hst
d.
60 hst
36.
Arti lafadz
hadits احصا ء ا لبها ئم ....
a.
Mengurung
binatang
b.
Mengebiri
binatang
c.
Memukul
binatang
d.
Memaki
binatang
37.
Sebagai
siswa/i yang baik kita harus menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan alam.
Contoh perilaku peduli lingkungan adalah...
a.
Belajar giat
b.
Bersama-sama
membersihkan lingkungan sekolah
c.
Berangkat pagi
d.
Berakhlak baik
terhadap lingkungan
38.
Menjaga
kelestarian alam meliputi alam...
a.
Hewan, nabati,
jamadi
b.
Hewan, manusia
c.
Manusia,
langit, dan bumi
d.
Segala yang diperlukan
39.
Akibat yang
terjadi apabila manusia tidak dapat menjaga dan melestarikan lingkungan...
a.
Bumi gersang
b.
Bumi akan
hijau
c.
Bumi subur
d.
Bumi terlihat
indah
40.
Yang bukan
termasuk contoh perbuatan manusia yang dapat menyebabkan kerusakan
lingkungan adalah...
a.
Menebang pohon
dengan liar
b.
Membakar hutan
c.
Membuang
sampah di sungai
d.
reboisasi
II.
ESSAY!
41.
Jelaskan
3 (tiga) syarat terjadinya mad shilah qasirah!
42.
Tulislah
QS. Al-Zalzalah ayat 6-8 lengkap dengan syakalnya dan terjemahkan!
43.
Bagaimana
gambaran hari qiyamat menurut surat Al-Qori’ah?
44.
Jelaskan
3 (tiga) upaya yang harus kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan alam !
45.
Urutkan
dengan benar hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam di bawah
ini!
1.
قا ل ر سو ل الله صلى الله عليه و سلم
2.
ا لا كا ن له به صد قة
3.
عن انس ر ضي الله عنه
4.
فيأ كل منه طير او انسا ن او بهيمة
5.
ما من مسلم يغر ي غر سا او يزرع ز رعا
Jawaban
ReplyDeleteKunci jawabanya mana
DeleteKunci jawabannya bro
DeleteKuncinya mana
ReplyDeleteminta jawaban pilihan ganda
ReplyDeleteMinta kunci jawaban
ReplyDeleteMinta kunci jawaban
ReplyDeleteUnknow Thursday,27february,2020
ReplyDeleteMinta kunci jawaban
Reply
Unknow Thursday,27february,2020
ReplyDeleteMinta kunci jawaban
Reply
Minta kunci jawaban
ReplyDeleteMinta kunci jawaban
Deleteminta Kunci Jawaban
ReplyDeleteMinta kunci jawaban
DeleteAssalammualaikum kunci jawabannya mana?
ReplyDelete