15 April 2013

Pidato Hari Pahlawan


Assalamu’alaikum Warahmatullah wa barakatuh.
Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Asshalaatu Wassalaamu ‘ala asyrafil ambiya wal mursalin wa’ala alihi wa ashabihi ajmai’in. ‘amma ba’du.
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah Beserta Staf
Yang saya hormati Dewan Guru
Dan yang saya sayangi siswa-siswi Semuanya.

Pada hari Senin ini saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul: Pahlawan.

Kata  pahlawan berasal dari kata “pahala +  wan”. Pahlawan  adalah orang yang memiliki jasa dan  pengorbanan yang sangat besar, bahkan sampai jiwa dan raganya. Jasa dan pengorbanannya sangat bermanfaat bagi masyarakat, agama, bangsa, dan negara. Oleh karena itu ada orang yang berjasa kepada masyarakat, ada yang berjasa kepada agama, ada yang berjasa kepada bangsa dan ada yang berjasa kepada negara, bahkan ada pula yang berjasa kepada dunia internasional.

Di Indonesia gelar Pahlawan   Nasional diberikan oleh Presiden. Hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November untuk mengenang peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Pada hari itu sekitar 6000 sampai 16.000 pejuang Indonesia gugur dalam  pertempuran melawan para penjajah sedangkan dari pihak penjajah hanya sekitar 600 sampai 2000 yang tewas.Latar belakang pertempuran  tersebut adalah berkibarnya bendera Belanda di Hotel Yamato di Surabaya (sekarang Hotel Majapahit), padahal Indonesia sudah  merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ada banyak cara untuk menghargai pahlawan  misalnya mengisi zaman kemerdekaan ini sesuai dengan bidangnya masing-masing. Contohnya seorang  siswa mengisinya dengan belajar yang baik. Apakah kegiatan siswa hanya belajar saja? Tentu tidak. Kegiatan siswa sangat banyak misalnya, pada jam 7.00 pagi mengawali KBM dengan mengaji, Jam 10 beristirahat dengan bermain atau kegiatan santai lainnya. Jam 1 siang  shalat  Dzuhur berjama’ah, lalu makan siang dan istirahat. Jam 3.30 shalat Ashar. Pada saat-saat tertentu siswa melaksanakan  olahraga atau latihan serta kursus dan lain-lain.

Piket siswa bekerja menyapu ruangan  kelas sebelum KBM dimulai dan sebagainya. Bila seorang siswa tidak mau piket maka siswa tersebut tidak memiliki sifat kepahlawanan.  Karena salah satu sifat kepahlawanan adalah mau bekerja keras, rela berkorban, berjiwa besar cinta tanah air dan lain sebagainya.

Demikian amanat pembina upacara pada hari Senin ini, mohon maaf bila terdapat kekurangan atau kesalahan. Assalamu’alaikum Warahmatullah wa barakatuh.

  1. Amanat Pembina Upacara: Tahun Baru Islam
  2. Amanat Pembina Upacara: Hari Ibu
  3. Amanat Pembina Upacara: Akhlak Terpuji
  4. Amanat Pembina Upacara: Semangat Belajar
  5. Amanat Pembina Upacara: Generasi Muda Penerus Bangsa
  6. Amanat Pembina Upacara: Tata Tertib Sekolah
  7. Amanat Pembina Upacara: Kebersihan Sekolah
  8. Amanat Pembina Upacara: Berani Bertanggung Jawab
  9. Pidato Upacara Bendera: Generasi Muda Berkarakter
  10. Pidato Upacara Bendera: Persatuan dan Kesatuan
  11. Pidato Upacara Bendera: Disiplin Dimulai Dari Diri Sendiri 
  12. Pidato Upacara Bendera: Kejujuran Dimulai Dari Sekarang 
  13. PidatoUpacara Bendera: Hari Pahlawan
  14. Pidato Upacara Bendera Hari Senin: Tanggung Jawab sebagai Prilaku terpuji
  15. Pidato Upacara Bendera Hari Senin: Iman & Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa 
  16. Amanat Pembina Upacara: Menuntut Ilmu Adalah Ibadah
  17. Pidato Upacara Bendera Hari Senin: Hikmah Upacara Bendera
  18. Pidato Upacara Bendera: Pilihlah Temanmu
  19. Judul Selanjutnya...

No comments:

Post a Comment